Sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen tinggi terhadap pengembangan karakter islami anak, SIT Fathona memiliki 5 program unggulan yang dirancang untuk membentuk karakter Islami siswa serta meningkatkan potensi dan kecerdasan akademis siswa. Selain itu, SIT Fathona juga memiliki beragam esktrakulikuler yang mencakup aspek-aspek keterampilan dan minat yang beragam tujuannya untuk memberikan pengalaman yang berimbang dan merangsang perkembangan komprehensif siswa.
Metode Ummi merupakan metode membaca al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan bahasa ibu, yaitu caranya langsung dibaca tanpa dieja, mengulang-ulang kata atau kalimat dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda.
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Al – Qur’an Metode Ummi adalah pendekatan bahasa ibu, dan pada hakikatnya pendekatan bahasa ibu itu ada 3 unsur :
Dalam pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi, ada 7 tahapan pembelajaran yang harus dijalankan secara berurutan. Tahapan-tahapan tersebut adalah :
Fondasi karakter islami dapat diperkuat dengan meresapi dan mengamalkan prinsip-prinsip muwashofat. SIT Fathona membina karakter siswa agar memiliki 10 muwashofat (sifat ideal muslim sejati).
SIT Fathona menerapkan pendekatan Student-Centered Learning yang inovatif, berfokus pada proyek, dan diperkaya dengan pengembangan keterampilan hidup.
Program 5 Core:
STIFIn adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi mesin kecerdasan manusia berdasarkan sistem operasi otak yang dominan dan dapat diketahui dengan memindai sidik jari. Metode STIFIn tersusun dari teori-teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumber daya manusia yang akan membantu kita mengenali dan memahami karakter dan kepribadian setiap manusia. Sesuai dengan namanya, dalam STIFIn terdapat 5 mesin kecerdasan, yaitu :
Dengan mengetahui apa yang lebih dominan dalam diri, nantinya dapat memudahkan siswa untuk meraih kesuksesan sesuai dengan minat, bakat, dan skillnya.